arrange your music in orchestral style

arrange your music in orchestral style

mencipta lagu

Menulis lagu adalah profesi yang menjanjikan. Di Amerika, ELEARN Portal mencatat bahwa penghasilan pencipta lagu berkisar antara 14 hingga 110 ribu dolar per-tahun (antara Rp. 10-70 juta per-bulan). 

Mencipta lagu tidak terlalu sulit. Bagi yang sudah tahu tekniknya, puluhan melodi baru dapat dihasilkannya setiap hari. Masalah utamanya adalah menemukan lirik yang tepat. Untuk itu bantuan para penyair sangat dibutuhkan.


Mencipta lagu dimulai dengan memperhatikan motif melodi, lalu mengembangkannya. Ada banyak teknik mengembangkan. Kim Lajoie menyarankan kita untuk mengembangkan melodi dengan cara : duplikasi - variasi. Ulang motif melodi beberapa kali dengan beberapa variasi yang berbeda. Lalu susun menjadi satu kalimat melodi. Bagian ini yang sulit. Bagian ini membutuhkan banyak latihan agar lagu tidak berbunyi aneh. Guru yang benar akan sangat menolong untuk mengembangkan ketrampilan ini.


Tetapi inti sebuah musik bagus bukanlah melodi saja. Tetapi mencipta melodi yang sesuai dengan lirik. Banyak lagu dibuat dengan tidak memperhatikan liriknya, sehingga terdengar aneh waktu dinyanyikan. Pernahkah anda mendengar lirik yang 'maksa' masuk ke dalam melodi ? Itu terjadi karena melodi dibuat dengan tidak memperhatikan lirik.


Sebenarnya mana yang lebih kuat ? Melodi atau lirik ? Tentu liriknya. Lirik yang membuat lagu tersebut terkenal. Sebagus apapun melodinya, bila liriknya jelek, tetap dianggap 'buruk' oleh pendengar. Tetapi bila liriknya menarik, orang akan mengingat lagu tersebut, walaupun melodinya kurang bagus. Ingat lagu hits 'Cucakrawa' ? Liriknya lah yang membuat lagu itu terkenal. Masih banyak contoh lainnya.


Penulis lagu sering salah kaprah. Mereka menulis dulu melodinya, baru mencari lirik yang tepat. Kesalahan ini juga saya lakukan pada awal saya menulis lagu. Ini adalah kesalahan besar saya. Lagu-lagu saya yang saya buat dengan teknik ini terdengar memalukan sekarang...


Lirik adalah yang paling utama. Melodi lagu harus menyesuaikan diri dengan lirik. Disinilah ketrampilan pencipta lagu memainkan peranan penting. Coba dengar lagu Bob Marley "No Women No Cry". Melodinya sangat pas dengan liriknya. Hebat sekali ! 


Ingat lagu "Do-Re-Mi" dari album "The Sound of Music" ? Lagu "Do-Re-Mi" lebih terkenal dari lagu "Sound of Music" nya sendiri bukan ? Karena lirik dan melodinya sangat sesuai ! 


Mencipta lagu terlihat mudah. Tetapi mencipta lagu yang sesuai lirik butuh ketrampilan khusus. 

Berlatih terus-menerus akan membantu kita belajar mengembangkan ketrampilan ini. Berlatih di bawah bimbingan guru yang benar akan menghemat waktu belajar kita.